Pilih Pj Ketua RT/RW di Kassi Kassi Tanpa Kriteria

420

Pilih Pj Ketua RT/RW di Kassi Kassi Tanpa Kriteria

Makassar-makassarpena.co.id. Ketua RT 10, RW 10 kelurahan Kassi-Kassi, Mustari Dg. Musu merupakan Ketua RT paling berprestasi yang  digagalkan menjadi Pj (Pejabat) ketua RT. Menurut lurah Kassi-Kassi, Khusnul Fatoni, dalam memilih Pj ketua RT/RW di wilayahnya memang tidak memiliki kriteria.

“Kan habismi masa jabatannya maka ditunjuklah Pj supaya tidak ada kekosongan, sama halnya pejabat di pemerintahan kalau sudah habis masa jabatannya maka ditunjuklah Pj. Jadi silahkan bersabar saja menunggu pemilihan,” ungkap Khusnul Fatoni di kantornya, Rabu, 16/3/2023.

Ditanya siapa yang mengusulkan Pj ketua RT/RW, Khusnul Fatoni mengatakan, sebenarnya kelurahan tapi dirinya baru tahu nama-nama Pj ketua RT/RW yang ditunjuk ketika menerima SK kolektif yang ditandatangani Bapak Walikota Makassar. Bahkan Toni (sapaan akrab Lurah Kassi-Kassi tersebut) sempat menyebut  Bassi Barania, hanya saja dia tidak penjelaskan fungsi dan tugasnya terkait Pj ketua RT/RW di kelurahan Kassi-Kassi.

Sementara itu, mantan Ketua RT 10 RW 10 Mustari Dg. Musu menegaskan dalam pemilihan Pj tersebut tidak memiliki tolok ukur tapi hanya berdasarkan suka dan tidak suka. “Jadi yang menentukan siapa Pj adalah oknum yang menyatakan posisi dirinya di atas lurah di bawah camat dan istilah ini sudah bukan lagi rahasia umum di wilayah Kassi-Kassi,” kata Mustari.

Begitu juga mantan Ketua RT 03 RW 11  Firman Mandala sangat menyayangkan kepemimpinan di wilayah kelurahan Kassi-Kassi yang begitu cemerlang tapi terkadang dinodai oknum yang merasa sangat dekat dengan penguasa, sehingga sering bertindak lebih kuasa dari pada penguasa dalam mengatur struktur kemasyarakatan.

Menurutnya, kehadiran Khusnul Fatoni selaku lurah Kassi-Kassi walaupun baru seumur jagung tapi mampu menyebarkan aroma kesejukan di tengah tengah masyarakat. Hanya saja terkait penentuan Pj Ketua RT/RW tampaknya kurang menyejukkan jika ditinjau dari sisi keadilan dalam memilih pemimpin.

Ia mengukapkan, kurang adil rasanya ketika Mustari Dg. Musu  tidak dipilih Pj Ketua RT, karena seharusnya pemerintah memberikan apresiasi atas kinerja yang cukup hebat itu,  mampu memimpin warganya membangun jalanan yang tampak kumu, selalu menjadi genangan air ketika musim hujan, kemudian jalanan yang ratusan meter tersebut berubah menjadi jalanan bebas banjir dengan biaya swadaya masyarakat. (dr)