Dekra Mart Maros Bangun Kalaborasi Bersama Penggiat Parawisata Sulsel

180

Dekra Mart Maros Bangun Kalaborasi Bersama Penggiat Parawisata Sulsel

Maros-makassarpena.co.id. BPBD Maros menginisiasi hadirnya kerjasama antara pengelola Pusat Oleh Oleh Maros Kereen Dekra Mart dengan seluruh Asosiasi Penggiat Pariwisata Sulawesi Selatan diantaranya : DPD ASITA Sulsel, DPD ASTINDO Sulsel, DPD HPI Sulsel, DPD Masata Sulsel, DPD ASPPI Sulsel, DPD GENPI Sulsel dan DPD GIPI Sulsel dengan maksud mengajak seluruh asosiasi penggiat pariwisata untuk berkunjung ke Dekra Mart Pusat Oleh oleh Maros Kereen sekaligus melakukan diskusi interaktif untuk mendengar dan menerima saran saran dari seluruh penggiat pariwisata terkait strategi pengelolaan Dekra Mart Maros sebagai Pusat Oleh Oleh Maros, Kamis, 24 Februari 2022.

Adapun narasi yang berkembang dalam diskusi interaktif ini diantaranya adalah saran dari sekjend DPP Masata (Masyarakat Sadar Wisata) A. Aswan yang sekaligus juga adalah koordinator pendampingan Desa Wisata provinsi Sulawesi Selatan.

Menurutnya, pusat Oleh Oleh Maros Kereen kalau ingin berkembang dan berkelanjutan maka jangan hanya sekedar tempah persinggahan saja oleh karena Maros adalah daerah perlintasan perjalanan antar daerah tetapi bagaimana kemudian kIta punya inovasi dan strategi khusus untuk menjadikan Dekra Mart Pusat Oleh Oleh Maros Kereen sebagai tempat tujuan destinasi sebagaimana strategi yang dilakukan oleh Krisna Bali sebagai pusat oleh oleh Bali.

Ketua DPD ASTINDO Sulsel Nurhayat juga mengatakan bahwa Dekra Mart sesungguhnya sudah sangat representatif sebagai tempat pusat oleh oleh Maros untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun domestik karena Maros adalah satu-satunya pilihan oleh wisatawan untuk dikunjungi dikarenakan oleh faktor aksesbilitas yang relatif sangat dekat dari bandara.

Saatbyang sama, ketua DPD GIPI Sulsel Suhardi mengatakan bahwa GIPI Sulsel yang memiliki sekitar 80 bus pariwisata bersama dengan beberapa komunitas bus pariwisata di Sulsel lainnya sangat tertarik dengan adanya Dekra Mart Pusat Oleh Oleh Maros.

” Selama ini kalau ada tamu ingin memberi oleh oleh maka mereka dibawa ke Jalan Sombaopu Makassar, sehingga dengan hadirnya Dekra Mart, maka pilihan untuk membawa wisatawan sidah ada di Maros,” tambahnya.

DPD ASITA Sulsel Mara Agung Afiat memberi masukan,  bahwa produk-produk dijual di Dekra Mart Pusat Oleh Oleh Maros harusnya variatif dan banyak pilihan kalau perlu menghadirkan beberapa produk kopi dari daerah lain sebagai pembanding dan alternatif pilihan oleh tamu seperti dari produk kopi Mallawa khas kabupaten Maros.

Tidak ketinggalan, ketua DPD ASPPI Sulsel memberi masukan agar faktor kebersihan dan ketersediaan toilet menjadi penentu akan kemajuan sebuah destinasi.

Lain lagi dengan ketua HPI Sulsel menegaskan bahwa dengan adanya komitmen yang kuat terkait service kepada Gaet wisatawan dan sopir menjadi titik tolak akan kemajuan dan keberlangsungan destinasi pusat oleh oleh seperti contohnya yang ada di Bali yaitu Krisna.

Selanjutnya Irfan Asyhari selaku ketua BPBD Maros yag mengantar jalannya diskusi, bahwa sengaja kami menginisiasi acara kunjungan oleh seluruh penggiat pariwisata Sulsel ini adalah ingin memfasilitasi pengelola Dekra Mart agar mendapatkan masukan, saran, ide ide kreatif dan inovatif terhadap strategi pengelolaan Dekra Mart Maros Kereen yang berkelanjutan.

” Harapan ke depan, agar Dekra Mart ini betul-betul dapat berjalan dengan baik sebagai pusat oleh oleh Maros dimana menghadirkan produk-produk UMKM yang tentunya diharapkan melalui kelancaran usaha ini, maka akan membangkitkan kesejahteraan UMKM di kabupaten Maros,” jelasnya.

Bupati Maros yg juga turut hadir mengharapkan hadirnya kolaborasi dan sinergitas untuk seluruh penggiat pariwisata di Sulsel karena dengan cara itulah,  maka pariwisata khusunya di kabupaten Maros dapat berkembang dengan baik sebagai mana yang kita harapkan.

” Pengelola Dekra Mart diharapkan harus mampu berinovasi dan berkreasi dengan baik terkait penentuan harga yang terjangkau, atraksi seni dan budayad serta service kepada mitra khususnya kepada sopir dan gaet yang bertugas membawa para wisatawan,” terangnya.

“Selalu Bupati Maros sangat senang dengan hadirnya seluruh asosiasi penggiat pariwisata Sulsel dan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh BPPD Maros dalam menghadirkan kolaborasi dan sinergitas oleh seluruh penggiat pariwisata demi kemajuan dan keberlanjutan masa depan pariwisata Maros. (a.syam)