Warga Harapkan Perbaikan Jalan Yang Menghubungkan Dua Kecamatan

171

Warga Harapkan Perbaikan Jalan Yang Menghubungkan Dua Kecamatan

Pinrang-makassarpena.co.id. Jalan poros Desa yang menghubungkan dua Kecamatan, diantaranya Kecamatan Cempa dan Kecamatan Patampanua sepanjang 2 kilometer (km) mengalami rusak parah dikarenakan sudah 19 tahun tidak tersentuh pembangunan.

Jalan poros Desa Mangki yang menghubungkan dua Kecamatan Cempa dan Kecamatan Patampanua rusak parah, kerena dari tahun 2003 sampai sekarang tidak pernah tersentuh perbaikan.

“Jalan poros Desa Mangki pernah dibangun pada tahun 2003 dari dana APBD setelah itu tidak lagi tersentuh perbaikan,” kata Alle, Kepala Desa Mangki Kecamatan Cempa kepada media, di ruang kerjanya, Selasa (18/01/2022).

Bahkan, ungkap dia, kondisinya memang sudah tidak layak untuk dilalui, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Kelihatan jalan yang berlubang lubang, untuk akses dari Dusun Mangki dan Dusun Menre Desa Mangki sampai Kecamatan Cempa perbaikan jalan sepanjang 2 kilometer (km) tersebut benar benar sangat dibutuhkan masyarakat pengguna jalan,” ujar warga lainnya.

Ia berharap, semoga jalan poros Desa Mangki ini segera dibangun, karena sudah lama tidak tersuntuh, warga Desa Mangki berharap kepada Dinas PUPR Kabupaten Pinrang melakukan survey.

Lebih lanjut warga Desa Mangki berharap
“Mudah-mudahan direalisasi dan tahun 2022 segera dibangun karena ini benar benar jadi prioritas masyarakat dan akses jalan untuk menjual hasil tani menuju kota. Selain itu untuk meningkatkan perekonomian warga Desa Mangki,” jelas warga.

Ia menambahkan, untuk perbaikan akses jalan panjangnya sampai batas Desa Mangki sekitar 2 kilometer dan dari batas Dusun Menre menuju Dusun Mangki, jadi secara keseluruhan total akses jalan yang perlu dibangun seluruhnya 2 kilometer.

“Selain digunakan untuk akses umum, pendidikan dan sebagainya, jalan ini memang jalan produktif karena biasa aktivitas petani yang sehari hari dilewatinya karena akses produksi hasil jual beli dari Desa Mangki ke Kecamatan Cempa,” paparnya.

Menurut salah satu warga yang ditemui, karena di Kecamatan Cempa juga ada pasar dan setiap hari Selasa dan Jumat, petani menjual hasil taninya ke pasar yang ada di Cempa dan ini akses jalan sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi.

Sementara Kadis PUPR Kabupaten Pinrang Awaluddin Maramat yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin 17/01/2022, mengatakan bahwa, sebetulnya terkait dengan rencana kabupaten memang tahun ini sudah masuk akan dianggarkan karena dengan adanya Covid-19 maka akses jalan di Desa Mangki direncanakan dikerja sekitar 1 kilometer saja,” terang Kadis PUPR Kabupaten Pinrang. (ys)