Target Vaksinasi 100 Persen, Pemda Pangkep Gelar Rapat Koordinasi

46
  1. Target Vaksinasi 100 Persen, Pemda Pangkep Gelar Rapat Koordinasi

Pangkep-makassarpena.co.id.  Pemerintah Kabupaten Pangkep menargetkan 100 persen vaksinasi Covid-19 dosis pertama di akhir Januari tahun 2022.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Kabupaten Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL), saat menggelar rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Dandim 1421 Pangkep dan Polres Pangkep, serta dihadiri para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat, dan Pusekesmas se Kabupaten Pangkep.

“Sudah 1 tahun kita melakukan vaksinasi di Kabupaten Pangkep,” kata Bupati MYL, Rabu, 12 Januari 2022.

MYL juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat, sehingga capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten bisa diangka 73,05, berdasarkan data KPCPEN.

“Saya sebagai Kepala Daerah Kabupaten Pangkep terima kasih, kita telah mencapai target itu,” katanya.

MYL menceritakan, dirinya sempat berasa pesimis saat capaian vaksinasi di Kabupaten Pangkep berada di angka 54 persen pada awal Desember 2021 dipenghujung tahun. Namun, berkat kerja sama tim dan para pihak baik itu dari kepolisian dan TNI, akhirnya pada akhir Desember 2021 mencapai target 70 persen vakasinasi Covid-19 di Kabupaten Pangkep.

“Impossible, dengan hitungan pekan kita bisa mencapai target itu,” katanya.

Lanjut MYL, saat ini Pemerintah Pusat kembali menargetkan Pemerintah Daerah untuk bisa mencapai vaksinasi 100 persen untuk dosis pertama dan kedua.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep Herlina, menuturkan target tersebut bisa tercapai dengan kerja sama tim yang seperti dilakukan pada akhir Desember 2021.

“Kita pasti bisa mencapai target itu,dengan maksimalkan semua tim,” ujarnya.

Herlina menambahkan, rapat koordinasi percepatan vaksinasi Covid-19 Kabupaten yang diinisiasi Bupati Pangkep ini, merupakan langkah awal untuk tetap bisa meningkatkan vaksinasi di Pangkep.

“Dua minggu terkahir Desember tahun 2021, kita bisa mencapai vaksinasi 4000 ribu perhari dosis pertama,” katanya.

Namun, di awal Januari 2022 hingga hari ini, terjadi penurunan jumlah vaksinasi yang telah dilakukan. Sehingga menurut Herlina, pemerintah harus kembali menggenjot vaksinasi agar target 100 persen bisa tercapai.

“Vaksinasi kita menurun dan terjun bebas,” katanya.

Adapun data capaian vaksinasi Kabupaten Pangkep 73,05 per hari Selasa, 11 Januari 2022 berdasarkan KPCPEN.

Vaksin lansia 55,93 persen. Pemerintah juga menagerkan vaksinasi lansia mencapai 60 persen dalam waktu dekat.

Untuk data per Kecamatan, di Kecamatan Balocci tertinggi dengan capaian 84,19 persen dosis pertama dan 55,38 persen, dosis kedua dan terendah ada di Kecamatan Pangkajene dengan presentase capaian 37.36 persen dosis pertama dan 23.97 persen dosis kedua berdasarkan data 11 Januari 2022. (hamza)