Forum Germas, Wujudkan Masyarakat Sehat

20

Forum Germas, Wujudkan Masyarakat Sehat

Pangkep-makassarpena.co.id. Hadiri pertemuan koordinasi dan pembentukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalagau (MYL), berharap program-program Germas dapat berjalan maksimal.

Forum Germas telah terbentuk di Pangkep. Olehnya itu, orang-orang yang menjadi anggota forum harus faham hal-hal yang harus dikerjakan.

Dengan adanya Germas, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses air bersih, akses kesehatan dan bangunan layak huni.

Forum Germas Pangkep harus rutin mensosialisasikan pola hidup sehat di tengah masyarakat. Bukan hanya sosialisasi, tapi juga memberikan contoh perilaku hidup bersih dan sehat.

Dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, harus menggiatkan aktifitas, minimal meluangkan waktu untuk berolahraga sebelum memulai aktifitas kerja. Rutin konsumsi buah dam sayuran, sebab saat ini banyak makanan cepat saji, olehnya itu harus terus disosialisasikan manfaat mengonsumsi sayur dan buah.

Tidak merokok dan minum minuman beralkohol. Cek kesehatan berkala untuk mengetahui kondisi tubuh. Menjaga kebersihan lingkungan. Menggunakan jamban, jangan ada lagi masyarakat yang buang air di sungai atau hutan.

“Kita harapkan, semua itu dapat disampaikan kepada masyarakat, agar bisa diterapkan dan terwujud masyarakat yang sehat, lingkungan bersih, gizi tercukupi dan sehat jiwa raga,”katanya.

Pertemuan dihadiri oleh kepala Puskesmas se Kabupaten Pangkep. (hamza)