TP PKK Soppeng Gelar Lomba Senam CTPS Tingkat SD

32

Soppeng, Makassarpena.co.id – Beberapa pekan ini sekolah mulai melakukan PTM (pertemuan tatap muka) meskipun terbatas, sesuai anjuran menteri Pendidikan (Nadiem). Untuk mendukung agenda Menteri juga sebagai peringatan hari pahlawan 10 November 2021, Tim Penggerak PKK mengadakan kegiatan Lomba Senam CTPS anak SD Tingkat Kabupaten Soppeng.

Tujuan dilakukan kegiatan ini juga seperti yang di laporkan oleh bapak Yanwar Saiful selaku ketua panitia adalah untuk membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun(CTPS)

Jumlah Peserta sebanyak 170 Orang yang terdiri dari Pengurus TP-PKK Kecamatan dan Desa Se-Kab.Soppengh sebanyak 34 org, Pembina UKS : 34 org , siswa SD perwakilan puskesmas sebanyak 102 orang.
Dewan Juri terdiri dari TP-PKK kab. Soppeng, Dinas Kesehatan, dan Rumah Sakit.

Dihadiri pula oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Soppeng. Diwakili oleh Ibu Sekretaris, Para Tim Penggerak PKK Se-Kabupaten Soppeng. Puskesmas Se-kabupaten Soppeng

Acara dibuka oleh Ibu Ketua TP-PKK kabupaten Soppeng, Hj.Nurjannah Andi Kaswadi Razak, sekaligus membuka Acara Lomba Senam CTPS Anak SD Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2021. Pada kesempatan itu Ibu ketua TP- PKK menghimbau agar
“Membiasakan Pola Hidup bersih dan Sehat dengan mencuci tangan menggunakan sabun merupakan salah satu upaya efektif untuk mencegah berbagai jenis penyakit, terutama penyakit menular.”

Kebiasaan melakukan CTPS banyak dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19 Untuk itu, Tim Penggerak PKK senantiasa menganjurkan masyarakat untuk menjaga diri dan keluarga dari Covid-19 dengan melakukan PHBS.
Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta Gerakan masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) secara mandiri, maka tujuan untuk menuju keluarga sehat akan tercapai.

Dan lomba dimenangkan oleh siswa dari Puskesmas Cabenge sebagai juara 1 disusul Siswa perwakilan dari Puskesmas Goarie sebagai juara II, dan juara tiga diraih oleh siswa perwakilan dari Puskesmas Tajuncu.

(hum/usman)