HIMPERRA Sulsel  Siap Kolaborasi Lintas Sektor Usaha

193

HIMPERRA Sulsel  Siap Kolaborasi Lintas Sektor Usaha

Makassar-makassarpena.co.id. Menyongsong era persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis real estate, maka Ketua DPD HIMPERRA  Sulsel periode 2021 – 2025, Burhanuddin, SH, yang baru saja terpilih, melakukan persiapan Rakerda yang lebih matang untuk menghasilkan program kerja lebih berkualitas.

Menurut Ketua DPD HIMPERRA Sulsel, untuk menggapai target tersebut, maka pihaknya tentu menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal dan siap berkolaborasi lintas sektor usaha dalam rangka mewujudkan program kerja organisasi yang sejalan dengan progaram pemerintah.

“Termasuk tenaga teknis sebanyak 15 orang dengan lulus sertifikasi dari Kementerian PUPR, telah menguasai digitalisasi guna mempermudah MBR untuk mendapatkan rumah layak huni,” ungkap Burhanuddin

Burhanuddin mengatakan, agenda Rakerda (Rapat kerja daerah) DPD HIMPERRA Sulsel dengan mempersiapkan program menjelang tahun 2022 termasuk membuat stimulan agar MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) dengan mudah mendapatkan hunian layak, khususnya di perumahan anggota HIMPERRA yang tersebar di Sulawesi Selatan.

Ia menegaskan, fokus Rakerda adalah pertama  mensosialisasikan SIPTRUK (Sistem Pemantauan Konstruksi) kepada seluruh anggota HIMPERRA Sulawesi Selatan supaya nantinya setiap anggota dengan mudah mengakses ke system SIPETRUK. Kedua, mempersiapkan anggotanya atas diberlakukannya PBG (Persetujuan Banguna Gedung) sebagai peralihan dari IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

Ketiga, pihaknya juga siap menyikapi atau menyesuaikan diri terhadap kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan pembangunan perumahan komersil dan subsidi baik itu kebijakan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Ketua DPD HIMPERA juga memaparkan lebih jauh,  bahwa untuk mewujudkan kolaborasi lintas sektor usaha maka dalam Rakerda kali ini, pihaknya akan mengundang sejumlah instansi seperti Bank Indonesia (BI) atau Otoritas Jasa Keungan (OJK) Sulawesi Selatan. Instasi ini akan membahas terkait perkembangan ekonomi Sulawesi Selatan khusus di segmen property.

Begitu juga  Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Sulsel, kata Burhanuddin, akan membahas terkait kebijakan pemerintah baik pusat maupun Provinsi, Kabupaten/Kota yang  berhubungan dengan pembangunan perumahan/property.

“Sementara itu Kanwil BPN (Badan Pertanahan Nasional) Provinsi Sulsel yang akan membahas terakait legalitas tanah (sertifikat, balik nama dan pemecahan). Begitu juga materi tentang penggunaan lahan (akses) milik pemerintah akan dibahas Dinas PU (Perkerja Umum Provinsi Sulsel),” ungkap Burhanuddin di Kantor DPD HIMPERRA, Jl. Aroepala 2 ( Hertasning Baru) Makassar, Senin, 1 November 2021.

Terkait materi modal kerja, tambah Burhanuddin, seperti KLP, KYG, UKMK, KUR dan KPR akan dipaparkan pihak perbankan (BTN, BNI, BRI dan MANDIRI).

Yang tidak kalah pentingnya, tegas Burhanuddin, HIMPERRA Sulsel akan mengundang pengelola dana/anggaran pemerintah yang berhubungan dengan rumah subsidi, yaitu BP. TAPERA (Badan Pengelola  Tabungan Perumahan Rakyat) yang akan membahas program subsidi di tahun 2022 mendatang  termasuk FLPP, BP2BT, SSM/SSB dan TAPERA. (darman)