Ratusan Siswa SMK Negeri 5 Pinrang PKL Diberbagai Instansi

273

Ratusan Siswa SMK Negeri 5 Pinrang PKL Diberbagai Instansi

Pinrang-makassarpena.co.id. Sekitar 159 siswa SMK Negeri 5 Pinrang mulai mengenali dunia kerja di sejumlah istansi baik milik pemerintah maupun swasta yang tersebar di sejumlah Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan. Jumlah tersebut berasal dari 4 jurusan kompetensi keahlian masing masing, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Desain Pemodelan dan informasi Bangunan (DPIB), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Kepala SMK Negeri 5 Pinrang Munir Amir, SP.M.Si mengatakan, salah satu tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilakoni pelajar SMK Negeri 5 Pinrang adalah untuk memberikan pengalaman dan menanamkan etos kerja yang tinggi bagi peserta didik sebelum terjung ke dunia kerja menghadapi pasar global.

” Manfaat PKL yaitu menghasilkan SDM yang memiliki keahlian profesional,” kata dia saat dihubungi, Selasa 12/10/2021.

Disamping itu kata dia, untuk mengasah keterampilan yang diberikan selama menimba ilmu di kelas serta mengenalkan siswa siswi pada pekerjaan lapangan di dunia industri dan dunia usaha.

Siswa yang dibimbingnya tengah mengikuti PKL di beberapa instansi diantaranya di Kantor Pengadilan Kabupaten Barru, Balai Perumahan Makkasar dan Hotel Darma Nusantara Mandai Maros. Disamping itu ada yang PKL di Kabupaten Pangkep, Kota Pare Pare, Luwu Timur, maupun di Kabupaten Pinrang sendiri.

Pelepasan ratusan siswa SMK Negeri 5 untuk mengikuti program PKL, dilaksanakan pada hari Kamis 07 Oktober 2021, yang disaksikan Pengawas Sekolah, Ketua MKKS SMK, Camat Duampanua, Kapolsek dan Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan. Semua siswa yang mengikuti PKL dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan. (ys)