Bangkitkan Wisata Ujung Tape, Masyarakat Gelar Balap Perahu Nelayan 

53

Bangkitkan Wisata Ujung Tape, Masyarakat Gelar Balap Perahu Nelayan

Pinrang-makassarpena.co.id. Seru , kata itu banyak yang terlontar dari mulut penonton yang menyaksikan lomba balap perahu yang digelar di pantai wisata Ujung Tape Kelurahan Pallameang Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang.

Panitia pelaksana Arief Setya Budi mengatakan, lomba perahu nelayan yang digelar masyarakat pesisir Pallameang ini, sebagai upaya membangkitkan pantai wisata Ujung Tape sebagai destinasi wisatawan baik lokal maupun manca negara. ” Sejak Pandemi Covid-19, lokasi wisata ini vakum dari aktifitas, “kata dia, di lokasi wisata Ujung Tape,Minggu 10/10/2021.

Olehnya itu kata dia, saat ini pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat menggelar pesta nelayan dengan salah satu kegiiatan adalah lomba perahu nelayan. ” Sebenarnya kegiatan ini, ajang tahunan, namun sempat terhenti karena pandemi, ” tambahnya.

Dan saat ini, kata dia, masyarakat pesisir kembali berupaya membangkitkan Ujung Tape sebagai lokasi wisata favorit baik masyarakat Pinrang maupun wisatawan dari Kabupaten lain bahkan dari Provinsi lain.

Lomba perahu nelayan yang dilaksanakan saat ini memperlombakan beberapa kelas seperti kelas bebas, kelas standar dan kelas perahu pabbagang. .Pesertanya bukan hanya dari Kabupaten Pinrang, namun ada yang berasal dari Kabupaten Barru, Polman dan Mamuju Sulawesi Barat.

Kegiatan ini menurut dia, berkat dukungan tokoh masyarakat dan kerjasama yang baik dengan masyarakat di Kecamatan Mattiro Sompe. (ys)