Guna Mengetahui Penggunaan Pestisida Terbatas, Alishter Bimbing 61 Petani Sidrap

262

Guna Mengetahui Penggunaan Pestisida Terbatas, Alishter Bimbing 61 Petani Sidrap

Sidrap-makassarpena.co.id. Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidrap bekerjasama dengan Aliansi Stewardship Herbisida Terbatas Pakai.(Alishter) Pusat dan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pelatihan untuk petani di Sidrap bertempat di Cafe dan Resto Marsa 88. Jln. A .Mangkau. Rabu (29/09).

Kegiatan pelatihan penggunaan pestisida terbatas pakai diikuti 61 petani. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidrap.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidrap dalam sambutannya menyampaikan, tujuan digelarnya agar para petani mengetahui cara penggunaan pestisida terbatas agar dapat digunakan secara bijak, dengan kegiatan ini, kita berharap petani dapat menggunakannya secara bijaksana dengan tepat.

Pelatihan ini hadir sebagai narasumber dari Pusat Ketua Alishter Mulyadi Benteng dan dari Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Jumarto, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura Kabupaten Sidrap, Ibrahim, SP, Kadis Kesehatan Kabupaten Sidrap, dr. Ishak Mente, SKM.M.Kes.

Pelatihan ini membahas materi tentang peraturan dan perizinan pestisida, pemahaman label, penyimpanan dan pemusnahan limbah pestisida, materi penayangan film tentang parakuat diklorida, materi pencegahan keracunan pestisida dan prosedur pertolongan darurat, materi teori pemiliharaan kalibrasi sprayer dan penyemprotan yang aman dan efektif, serta praktek pemiliharaan, kalibrasi sprayer dan penyemprotan yang aman dan efektif.

” Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta pelatihan dapat memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya mengetahui tatacara penggunaan pestisida secara baik dan benar serta menghindari dampak negatifnya terhadap petani sendiri maupun terhadap lingkungan,” kata Jumarto.

Dalam pelatihan tersebut peserta juga diajarkan langsung oleh narasumber melalui praktik kalibrasi sprayer dan cara penyemprotan yang aman dan efektif dengan benar, sehingga dapat meminimalisir dampak yang diakibatkan.

Sementara materi lain yang disampaikan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap, yakni tentang pencegahan keracunan pestisida dan prosedur pertolongan darurat serta teori dan praktek kalibrasi sprayer dan penyemprotan yang aman dan efektif dengan narasumber dari Ketua Alishter Pusat, Mulyadi Benteng.

Ketua Alishter Pusat Mulyadi Benteng menjelaskan bahwa Asosiasi yang dia pimpinannya 49 perusahaan yang tergabung di dalamnya, pihaknya juga akan memperluas pelatihan ke daerah lainnya untuk mencapai seluruh Provinsi di wilayah Indonesi,”tutupnya. (ys)