Drs. H. Arifin Bando Sosialisasi Perda Nomor 9 Tahun 2019

217

Drs. H. Arifin Bando Sosialisasi Perda Nomor 9 Tahun 2019

Pinrang-makassarpena.co.id. Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Dapil IX (Enrekang, Sidrap, Pinrang) dari Fraksi PAN, Drs. H. Arifin Bando melaksanakan sosialisasi penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) wilayah Provinsi Sulsel Nomor 9 tahun 2019, tentang fasilitas percepatan pembangunan perdesaan, di Desa Malimpung Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, Selasa 24 Agustus 2021.

Drs. H.Arifin Bando dalam sambutannya menyampaikan, Perda Nomor 9 tahun 2019 tentang fasilitas percepatan pembangunan perdesaan hanya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Sulsel. “Jadi baru Sulsel yang memiliki Perda tentang fasilitas percepatan pembangunan perdesaan, dan Perda ini di inisiasi oleh Fraksi Partai PAN,” kata Arifin Bando.

“Pemerintah Desa menyelenggarakan urusan pemerintahan serta pelayanan kepada masyarakat serta lebih terarah terfokus dan lancar terutama program kegiatan Pemerintah Desa yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat Desa dengan dasar pertimbangan bahwa akan memberikan suatu kehidupan yang layak dan makmur bagi masyarakat Desa,” jelasnya

Menurutnya, yang paling berperan di dalam pembangunan perdesaan adalah Pemerintah Desa itu sendiri terutama di dalam menciptakan iklim yang mendorong tumbuhnya peningkatan partisipasi komponen masyarakat perdesaan melalui penyusunan program program pembangunan dan bermanfaat potensi sumber daya yang dimiliki.

Drs. H.Arifin Bando juga mengatakan, untuk mendukung upaya memajukan Desa di Sulawesi Selatan maka dapat dilakukan melalui fasilitasi percepatan pembangunan perdesaan. Fasilitas dimaksud dapat berupa dukungan program dan pembiayaan dan Pemerintah Provinsi serta dalam bentuk bantuan keuangan Desa terhadap program yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Desa di dalam rencana pembangunan jangka menengah Desa.

“Bantuan keuangan Desa dimaksudkan sebagai dukungan Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Desa dalam membiayai program Pemerintah Desa yang telah ditetapkan di dalam rencana pembangunan jangka menengah Desa,” tutup H.Arifin Bando.

Pada sosialisasi itu hadir Kepala Dinas PMD Andi Mahmud Bancing, Camat Patampanua, Kepala Desa Malimpung, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat Desa Malimpung dan kurang lebih 200 orang masyarakat Desa Malimpung. (ys)