Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi, Ahli Reserse Polri Yang Pulang Kampung

54

Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi, Ahli Reserse Polri Yang Pulang Kampung

Oleh Upa Labuhari, SH, MH

Jakarta-makassarpena.co.id. Kalau tidak ada aral melintang, minggu depan  jabatan Wakapolda Sulawesi Selatan   akan diserahkan terimakan dari Brigjen Pol Drs Halim Pagarra  kepada Brigjen Pol Drs Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi, dalam suatu upacara sederhana di Mapolda Sulsel. Dengan pelantikan ini berarti pucuk pimpinan Polda Sulsel, Kapolda dan Wakapolda adalah alummi Akademi Kepolisian angkatan 1991.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Mery Syam adalah perwira tinggi Polri yang sejak mudanya mempunyai keahlian dibidang Intelejen, sedangkan Wakapolda Sulsel  Brigjen Pol Drs Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar adalah perwira tingggi Polri yang punya kemampuan dengan  keahlian dalam bidang Reserse.

Ratusan kasus kasus menonjol yang pernah terjadi di Jakarta antara  tahun 1995 sampai 2000 dan khususnya  Jawa Barat juga terutama Bandung di awal tahun 2020 an  dapat diungkap pelakunya berkat ‘’tangan dingin’’ Andi Pattopoi ,yang orang tuanya berasal dari Bulukumba Sulsel.

Dengan demikian lengkaplah kepemimpinan Polda Sulsel untuk mengatasi masalah tindak kejahatan di daerah yang berpenduduk kurang lebih  9 juta orang. Kedepan terprediksi  wilayah Polda Sulsel yang dimulai dari Makassar sampai Palopo Utara dan dari Makassar sampai  Selayar akan aman dari ganguan  kejahatan berskala besar seperti, perampokan, teroris, dan narkoba. Kedua perwira tinggi ini akan menjadi jaminannya dan untuk itulah Kapolri yang juga adalah lulusan Akpol 91 menempatkan kedua rekannya itu dalam satu lingkup kerja yang sama .

Kapolri yang mengetahui  benar keberadaan kedua rekannya itu yang sama sama pernah bertugas di Polda Jabar, kemudian mempersatukan mereka di Polda Sulsel . Merdy Sam pernah menjabat  sebagai Direktur intelkam Polda Metro Jaya dan Polda Jabar. Sementara Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi pernah bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum  Polda Jabar dan Kapolres Bandara Soekarno Hatta. Jadi keduanya alummi Polda Metro Jaya dan Polda Jabar.

Bahkan keduanya pernah bertugas di Mabes Polri dengan bidang tugas masing masing. Irjen Pol Merdy Syam sebagai salah satu Direktur di Baintelkam dan Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi sebagai salah satu perwira menengah di Bareskrim Polri.

Penempatan kedua alummi Akpol 91 di Polda Sulsel bukan suatu kebetulan karena perkembangan di lingkup Polri yang begitu cepat untuk menempatkan perwiranya di bidangnya masing masing . Tapi ini semuanya karena kebijakan Kapolri untuk mengisi kekosongan di satuan kewilayahan di Indonesia agar Polri di masa datang dapat diisi oleh perwira yang berprestasi sehingga dapat mengatasi ancaman tindak kejahatan yang bakal terjadi di masa datang.

Untuk itulah banyak kalangan di lingkup Polri yang memprediksi dengan  menyebutkan, Brigjen Andi Pattoppoi di tempatkan di jajaran Polda Sulsel, selain pulang kampung bertugas, juga untuk batu lonjatan agar belajar mengetahui keberadaan wilayah Sulawesi Selatan  dengan baik walaupun ia adalah putera daerah asal Bulukkumba. Sehingga bila Irjen Pol Merdy Syam mendapat tugas baru  yang lebih tinggi di Mabes Polri sebagai calon Kepala Badan Intelejen Mabes Polri menggantikan  Komjen Pol Drs Paulus  Waterpauw yang akan menjabat sebagai Wakil Gubernur Papua,  Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi  sudah bisa cepat melaksanakan tugasnya sebagai pengganti Kapolda Sulsel.

Jika prediksi ini menjadi kenyataan maka jenjang karier Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi akan sama dengan mantan Kapolri jenderal Dai Bahtiar. Ia tidak mengikuti jenjang kenaikan jabatan sebagaimana lasimnya dilingkup Polri. Dari Direktur Reserse Jawa Barat terus menjadi Wakapolda Sulsel  yang sebenarnya harus mengikuti dulu jenjang jabatan sebagai Irwasda Polda untuk mendapat  pangkat Kombes mantap.

Tapi kali ini Brigjen Andi Pattoppoi tidak ikut jenjang kenaikan jabatan dengan harus mampir dulu di Irwasda sebagai orang ketiga di lingkup Polda. Ia langsung diangkat menjadi orang kedua di Polda Sulsel  dengan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Brigjen dari Komisaris Besar Polisi.

Kalau bukan karena prestasi yang mengagumkan, maka sebenarnya Dirserse Umum Polda Sulsel sekarang  yang juga adalah almummi Akpol 91, se Angkatan Kapolri,  bisa saja diangkat langsung sebagai Wakapolda Sulsel. Tapi  Kapolri berkeinginan lain, bukan karena satu almamater Akpol 91 maka jabatan   Wakapolda Sulsel dipercayakan kepada Brigjen Pol Chuzaini Andi Pattopoi. Tapi ini semua  karena prestasinya yang amat membanggakan jajaran Polri .

Selamat datang ke kampung halaman sang jenderal. Berkarya yang lebih baiklah dikala bertugas di kampung halaman. Tempatkan dirimu sebagai abdi bangsa dengan mengerahkan tenaga dan pikiran melebihi ketika bertugas di tanah rantau . Selamat bertugas.

Penulis adalah wartawan/pengamat masalah kepolisian