MPLS Usung Tema Wujudkan Profil Pelajar Pancasila

105

MPLS Usung Tema Wujudkan Profil Pelajar Pancasila

Pinrang-makassarpena.co.id. Berdasakan surat undangan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, sehubungan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan awal sebelum memasuki proses pembelajaran di satuan pendidikan negeri maupun swasta, melaksanakan MPLS untuk mengenalkan almamaternya kepada peserta didik baru, Senin 12/7/2021.

MPLS dilaksanakan untuk mengenalkan profil sekolah kepada peserta didik baru meliputi struktur organisasi, kurikulum, peraturan akademik, sarana dan prasarana, tata tertib sekolah. MPLS kali ini mengusung tema “Wujudkan Profil Pelajar Pancasila”.

Kegiatan MPLS dimulai dengan upacara pembukaan dipusatkan di SMA 11 Pinrang, setiap sekolah hanya mengutus maksimal 6 orang peserta didik baru yang didampingi oleh Kepala Sekolah dan satu guru sebagai pembina.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 2 Pinrang Syamsuar, S.Pd, M.Pd yang di hubungi (13/7/2021) dalam kegiatan tersebut, PMI juga turut serta sebagai bentuk antisipasi dalam pencegahan penyebaran Covid -19.

Selain kegiatan MPLS, kegiatan tersebut juga dirangkaikan donor darah serentak yang di pusatkan di SMAN 11 Pinrang. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara PMI Kabupaten Pinrang dengan MKKS SMA dan SMK Kabupaten Pinrang.

“Donor darah dilakukan sebagai bentuk kepedulian akan kemanusiaan dan untuk memenuhi kebutuhan pasokan darah di UTD RSU Lasinrang Pinrang sekaligus sebagai bentuk sosialisasi kepada peserta didik baru bahwa melakukan donor darah sangat penting untuk membantu sesama dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh,” kata Syamsuar wakil Sekertaris PMI Pinrang sekaligus Kepala UPT SMKN 2 Pinrang.

Lanjut Syamsuar mengatakan, bahwa selain melibatkan guru dan semua Kepala Sekolah, kegiatan donor darah juga melibatkan beberapa siswa yang sudah memenuhi kriteria untuk melakukan donor darah.

” Kedepan PMI akan selalu bersinergi dengan sekolah sekolah untuk mengadakan kegiatan tersebut,” tambahnya.

Sebelum kegiatan donor darah ini, PMI Pinrang melakukan penyemprotan ke sekolah-sekolah untuk menghadapi PTM terbatas dan MPLS, hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan tetap mengedukasi masyarakat tentang 5M. (ys)