SMKN 2 Pinrang Selaraskan Program Sekolah Dan Kebutuhan Industri

171

SMKN 2 Pinrang Selaraskan Program Sekolah Dan Kebutuhan Industri

Makassar-makassarpena.co.id. Humas dan Tim BKK SMK Negeri 2 Pinrang melaksanakan kegiatan penelusuran industri yang ada di Kota Makassar untuk mengajukan penawaran kerjasama, baik dibidang SDM dan penempatan kerja alumni.

Sekitar 8 industri yang dikunjungi, diantaranya sektor perhotelan, pariwisata, kelautan dan perikanan serta sektor pengolahan hasil pertanian.

Menurut Anasruddin, S.Pd, M.Pd selaku Humas dan ketua tim mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya dalam menyelaraskan program sekolah dengan kebutuhan Industri baik dari sisi kurikulm, SDM sampai pada kebutuhan tenaga kerja.

Dilain sisi, Nilawati, S.Pi, M.Si selaku ketua BKK mengatakan, dengan kerjasama ini, kami berharap agar nantinya alumni SMK Negeri 2 Pinrang, sebagian besar dapat terserap di dunia Industri, dan ini adalah tupoksi BKK yang tertuang dalam Permenaker N0. 39 tahun 2016 tentang penempatan tenaga kerja.

Bentuk penawaran kerjasama yang diajukan adalah, Penyelarasan kurikulum berbasis industri, Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL), Melaksanakan penelitian sesuai dengan kompetensi yang ada di SMK Nenegri 2 Pinrang, Guru magang, Menjadi guru tamu di SMK Negeri 2 Pinrang dan  Penyerapan tenaga kerja lewat Bursa Kerja Khusus (BKK) sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di Industri

Sementara Kepala Sekolah SMKN 2 Pinrang Syamsuar, S.Pd, M.Pd., yang dihubungi mengatakan bahwa penelusuran industri dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 7 hingga 8 Jui 2021 dan tim terdiri dari, Anasruddin, S.Pd, M.Pd Humas sekaligus Ketua Tim, Nilawati, S.Pi, M.Si, Ketua BKK, Jumadi Gampang, A.md Par Kaprog Perhotelan (Divisi Pendaftaran Calon tenaga Kerja), Sri Nurjayanti, A.Md Par Kaprog Pariwisata (Divisi Penempatan Tenaga Kerja), Surianti Sunusi, SE Guru Produktif (Divisi pelayanan kartu AK/1), Arwinsyah, S.Kom Gruru Produktif  (Divisi Informasi Pasar Kerja dan perancang aplikasi Si Joblang). (ys)